Sempat Kena Random Check di Airport Sapporo , Wanita Ini Sukses Ngetrip Keliling Hokkaido

Oleh : Christy Yani

Awal Februari lalu saya mengunjungi Hokkaido selama 5 hari , rute saya adalah Sapporo-Asahikawa-Abashiri-Sapporo. Berikut adalah sedikit info perjalanan, semoga berguna.

Day 1:
Landing 8 am di New Chitose Airport
9 am finish cek imigrasi, disini saya kena random check. Mungkin karena saya perempuan usia produktif yg pergi solo traveling. Namun semua berjalan lancar, bahkan saya sempat tanya-tanya tentang transportasi di bandara Chitose pada petugas tersebut .

New Chitose Airport, Hokkaido

Saya lalu menuju JR Information Office di Terminal Domestik untuk menukarkan voucher JR-Hokkaido Pass (3 hari = JPY 16500). Ternyata selain melayani penukaran voucher, JR Information Office disana juga melayani pembelian langsung (tidak perlu beli dari Indonesia). Sayangnya counter pembelian langsung dan penukaran voucher berada di counter yang sama, jadi walaupun penukaran hanya makan waktu 5 menit, tapi harus antri dengan pembeli lain yang rata-rata makan waktu 20 menit karena para turis juga konsultasi masalah jalur terlebih dahulu.

Pukul 12 PM after lunch bento di airport, saya mengaktifkan JR Hokkaido dan naik JR Rapid airport – Sapporo, dengan kereta yang sama (berganti nama menjadi Super Kamui Ltd. express) lanjut ke Asahikawa. 02.30 PM sampai di Asahikawa St, check in 2 malam di mixed dorm Yado Retro House (JPY 4000), lokasinya sekitar 15 menit jalan kaki dari Asahikawa St.

Day 2 :
Drift Ice Sightseeing : melihat bongkahan/serpihan es dari laut di Rusia+China yang mengambang terbawa arus ke laut Okhotsk.
9 AM naik kereta Okhotsk Ltd. Express ke Abashiri, tiba di Abashiri st. 11.50AM. Saya menuju bus stop no.1 naik bus ke Drift Ice Terminal (fee = JPY 200 one way). Saat beli tiket drift ice sightseeing (JPY2970) saya mendapat kabar bahwa hari itu drift ice yang tebal berada 20 km dari rute Kapal Aurora.

Aurora Icebreaker sighseeing di Abashiri dan Asahiyama zoo di Asahikawa

Pukul 2PM kapal mengarungi laut Okhotsk, dan berhasil menjumpai drift ice meski tak banyak. Drift ice sightseeing ini berlangsung selama 1 jam.

Selain sightseeing kita juga bisa mengunjungi drift ice museum (fee = JPY700)
5.20pm naik Okhostk Ltd. Express, sampai Asahikawa st. pukul 9pm

Day 3 :
Check out pagi dan menyimpan luggage di coin locker Asahikawa st.
09.30AM naik bis dari Asahikawa st. ke Asahiyama zoo (fee = JPY 440 one way). Asahiyama zoo buka pukul 10.30AM dan tiketnya seharga JPY720. Disana, saya menyaksikan penguin parade sesi pertama (11.30am), sesi kedua adalah 02.30pm. Saya menikmati kebun binatang sampai pukul 3pm, mengagumi koleksi penguin, polar bear super imut, sampai akuarium kecil berisi keluarga besar kecoa…..
Sepulang dari Asahiyama zoo, saya lunch dan bersantai di Tourist information centre Asahikawa st. menunggu kereta ke Sapporo.
06.30pm naik kereta Super Kamui Ltd. Express, sampai Sapporo st. pukul 08pm.
Check in 3 malam di Jimmyz Backpacker (JPY 8800) -15min jalan kaki dari Hosui Susukino st. – Toho line
PS : Asahikawa juga mengadakan snow festival, namun karena keterbatasan waktu, saya memutuskan untuk ke snow festival yang di Sapporo saja.

Day4 :
Beli Subway 1 day pass (weekend = JPY520)
Snow Festival dibagi menjadi 3 site yaitu Odori site (snow sculpture), Susukino site (ice sculpture) dan Tsudome site (snow game+snow sculpture).

67th Sapporo Snow Festival : Tsudome Site (tube slider) dan Odori Site (snow sculpture)

67th Sapporo Snow Festival : Odori Site (snow sculpture) dan Susukino site (ice sculptue) Indonesia juara3 pada International snow sculpture contest

Tersedia shuttle bus (JPY200an) dari Odori/Susukino site ke Tsudome site.
10am pergi ke Snow festival Tsudome site (by train Toho line turun di Sakaemachi st., jalan kaki 10menit). Disana saya mencoba main tube slider (fee=free) dan snow rafting (fee=JPY 600).
Tips untuk main tube slider : ambil tiket selanjutnya dengan jarak 200-300nomor. Tiket pertama saya dapat tiket nomor 2000an, saya pergi keliling sebentar lalu ambil tiket lagi nomor 2200an.
Jadi selesai main sesi pertama (nomor tiket 2000an), saya langsung dapat main lagi menggunakan tiket kedua (nomor 2200an), begitu seterusnya….
Permainan lain yang ada di area adalah zip lining, ice slide, bamboo skiing, semuanya lebih cocok untuk anak-anak.
Di dalam dome di Tsudome, ada panggung, area bermain anak dan dining area, bisa mencoba Hokkaido specialty ramen : miso ebiramen
3pm mengunjungi Beer Museum (by train Toho Line turun di Higashi Kuyakushomae st., jalan kaki 15menit), menikmati beer testing set (JPY500). Sebelumnya saya membayangkan akan seperti sake testing set yang hanya 3macam sake @100mL, ternyata yang didapat adalah 3macam beer @240mL ( Classic, Black label, Kaitakushi+beer cracker) dan semuanya habis saya tenggak
6pm mengunjungi Snow festival Odori site melihat snow sculpture illumination.
Sepanjang Odori site juga ada banyak stand makanan, jadi bisa sambil icip2 makanan festival.
Untuk dinner saya mencoba lamb Genghis khan buffet-khas Sapporo.

Day5 :
Beli Subway 1 day pass (weekend = JPY520)
9am sarapan sashimi salmon, sup miso kepiting dan barbeque scallop di Nijo fish market (10menit jalan kaki dari hostel)
11am mengunjungi Nakajima park (by train Namboku line, turun di Nakajima Koen st.), rencananya mau coba crosscountry ski (fee=free) tapi ternyata hari itu para trainer sedang memberi privat lesson ke mahasiswa Hokkaido university. Karena saya belum pernah main ski dan tidak pede latihan sendiri, maka saya ganti haluan pergi shopping ke Tanukikuji shopping street di dekat Odori st. – serupa dengan shopping street yang di Asakusa Tokyo.
3pm saya lihat-lihat ke Odori site lagi, melihat snow sculpture waktu siang nampak beda dengan waktu malam
Saya melihat area International snow sculpture contest dan ngobrol sebentar dengan kontestan Indonesia. Sculpture dari Indonesia bertema Tsunami, dan berhasil meraih juara ke 3 !!!
6pm setelah matahari terbenam saya mengunjungi Susukino site, dan menikmati minum di Ice bar.
Untuk dinner saya mencicipi satu kuliner khas Sapporo : soup curry, lokasinya di dekat Jimmyz backpacker tempat saya menginap.

Day6 :
Penerbangan saya by Airasia 09.20am, jadi jam 05.30am saya naik shuttle bus (JPY 1030) ke Chitose airport dari bus stop di depan Premiere Hotel Tsubaki (7menit dari Jimmyz backpacker). Perjalanan dengan shuttle bus sekitar 70-90menit.