Perdana Keluar Negeri ‘Get Lost’ di Singapore

Dapat dipastikan kebanyakan orang Indonesia pertama kali keluar negeri ke Singapore terutama para backpacker, begitupun gw yang saat itu juga berencana pergi kesana.

18 Maret 2015, Awalnya gak ada niatan pergi sendiri tapi apa daya teman-teman gw gak ada yang bisa diajakin cuti barengan, well this trip must go on, sebelum pergi gw nurutin kata nyokap bawa koper (sekali-kali nurutin kata nyokap..:D) padahal cuma 2 hari 1 malem doank, bwahahahhaa…

Akhirnya ada 2 orang cowo rekan gw yang join, jadilah kita trio gembala eh backpacker maskudnya, walaupun belum jadi backpacker seutuhnya hehee… Perjalanan dimulai dari terminal 2 Soekarno Hatta dengan pesawat Jet star take off sekitar jam 22.00, oiya gw dapet harga tiket promo Jetstar ini cuma 800rb an PP udah termasuk pajak bandara.

8d63d791-e612-4c30-85d4-0c1834e4e33b

Bersama kedua rekan saya di patung merlion park

Karena gw pikir Singapore negara kecil jadi gw still yakin aja gak bawa petunjuk apa apa dari Jakarta, cuma modal browsing dikit dikit dari mbah google, dan modal pinjam Singapore Torist Card sama teman buat naik MRT disana, jadi semuanya serba on the spot. Kecuali buat booking hotel gw udah prepare booking online dari Jakarta via Traveloka.

Landing di Changi Airport Terminal 1 sekitar jam 00.30 waktu setempat, kita langsung cari tempat makan sekaligus tempat buat tiduran sambil nunggu pagi. Berhubung skytrain changi sudah berhenti jam operasional nya jadi kita gak bisa explore changi, padahal yang gw baca baca di web di changi banyak tempat entertainment yang bisa dinikmati andai aja kita landing nya agak sorean.

Setelah muter muter nyari tempat makan akhirnya pilihan jatuh ke Burger King nya Terminal 1, satu satu nya tempat makan yang kelihatan cozy buat tidur juga soalnya tersedia sofa nya juga. Alhasil gw bukan nya bisa tidur tapi malah sibuk nyari colokan buat ngecas hape biar tetep bisa eksis capture sana sini hahahaa.. dan sepertinya kedua teman gw sudah gak kuat menahan ngantuk, gw pun ikhlas ngejagain mereka karena gak bisa tidur. Makanan di Changi lumayan mahal mahal berkisar 8-9 SGD harga termurahnya dan jangan berharap dapet menu nasi karena susah banget nyari nasi disini.

IMG-20160218-WA0003

Ngejagain kedua rekan gw yang udah pada tepar duluan hehee…

Oiya di dalam tadi sebelum keluar imigrasi gw sempat mengaktifkan jaringan wi-fi yang tersedia di counter internet Kios-K, letak nya kurang lebih 100 m setelah keluar dari gate kedatangan. disitu cukup scan passport kita lalu kita dapat id & password nya buat log in ke gadget (1 ID cuma bisa dipakai buat 1 gadget aja). Tapi setelah keluar imigrasi sinyal wi-fi nya hilang seketika Huhuhuu…#Penontonkecewa #Eaa, tapi gw gak menyerah demi mendapatkan sinyal gw rela nunggu counter yang jual sim card buka sampe pagi. Sim card dari Star Hub seharga 18 SGD yang gw beli paling murah cuma bisa buat internetan aja (berlaku buat 7 hari).

Free Internet ‘Kios K’ tempat mengaktifkan wifi selama di dalam Changi

Kesan pertama menginjakan kaki di Singapore menurut gw paling nyaman untuk berjalan kaki, semua ruas jalan di negara ini, bahkan di pinggiran kota sekalipun selalu ada tempat bagi pejalan kaki.

Tujuan pertama kita adalah Sentosa Island, setelah keluar dari Harbourfrount MRT station (jalur ungu) lalu kami naik ke lantai paling atas VIVO city mall, sentosa island berada di lantai atas VIVO city mall, dan untuk menyebrang ke sentosa island nya ada 2 pilihan yaitu menaiki cable car atau sentosa express.

Awalnya kami mau naik cable car kami pun dengan polosnya memasuki area cable car, sesampainya di atas petugas cable car menanyakan tiket kami, kami pun bengong. Ternyata untuk naik cable car tersebut diharuskan beli tiket di loket bawah dulu harganya pun lumayan 28 SGD. Lalu setelah kami nanya orang ternyata naik sentosa express bisa pakai kartu EZ link cuma 8 SGD *hampir aja 28 SGD melayang hahaaa…*.

00b21ec4-e377-4d54-ab01-22cd1a1965a0

Di dalam MRT yang kosong

Ada 3 kawasan (pemberhentian) yang dilalui sentosa express diatas sentosa island ini yaitu, Waterfront station, lmbiah station, dan beach station. Karena waktu kami gak banyak maka kami memutuskan ke Waterfront station tempat nya Universal studio berada.

universal

Di depan bola dunia Universal studio

20150319_093921

Masih di dalam kawasan Universal studio

20150319_094452

Pemandangan di seberang Harbourfront

Dari Sentosa island kami lanjut ke merlion park dengan menaiki MRT menuju Esplanade station – Merlion Park. Dari tempat ini kamu juga bisa ambil jalan di bawah jembatan yang ada Starbuck coffee dan muncul di Connaught Drive. Masuk ke arah gedung gedung antik sampai ketemu Sir Stamford Raffles Statue. Di tempat ini konon Raffles pertama kali menginjakan kaki nya di Singapore.

Lalu gak jauh dari patung merlion park juga terdapat salah satu spot menarik untuk foto-foto yaitu Hotel Marina Bay Sands yang cukup terkenal itu. kita cukup memutari setengah area tersebut untuk dapat spot terbaik.

20150319_120158

latar belakang Marina Bay Sands Hotel

20150319_111916

Si om berpose di depan gedung YXL di depan marina bay sands

Dari Marina bay sands kami berjalan menuju Garden by the bay yang lokasi nya ternyata tidak terlalu jauh dari situ, tapi dikarenakan gw masih bawa koper lumayan capek juga geret geret nya, untungnya kedua rekan gw siap sedia bantuin ganti gantian geret koper gw hahahaa..*sesaat menyesal karena gw bawa koper*.

06ba4ec9-841d-48b8-b856-0cfd3e62e842

Garden by the bay

Sebelum melanjutkan perjalanan yaitu belanja, gw nyari hostel yang udah di booking “Fernloft Hostel” di daerah little india, hampir menyerah gw saat itu karena udah kecapaean geret geret koper plus ngantuk berat karena gak tidur semaleman di bandara, but the show must go on… Room rate di fernloft hostel ini lumayan murah seharga 187 ribuan buat 1 bed dormitory, yang jaga Ibu ibu setengah baya dibantu anaknya, setelah cek in langsung buru buru ke kamar buat taro koper.

Daannn…setelah sampe kamar gw kaget ternyata kamar gw itu buat mix cewe cowo, padahal gw booked female dormitory tapi kenapa dapet nya yang mix, pas gw tanya dia bilang cuma itu aja bed yang tersisa. Biarpun mix cewe cowo tapi gw gak ngeliat satupun cewe ada di kamar itu, semua nya penuh sama cowo cowo. Yaudahlah..untungnya bed gw tepat berada di dekat pintu jadi kalo ada apa apa bisa cepet cepet kabur hahahaa… Orang orang nya pun friendly juga ternyata, pas gw mau pinjem colokan buat nge cas hp mereka menyarankan dengan ramah buat pinjam ke receptionist nya (5 SGD) gak apa apa lah daripada gak bisa ngecas.

fernloft-little-india

Fernloft backpacker hostel

Dari fernloft kami menuju tempat belanja yang katanya harganya murah murah, masih di kawasan little india cuma jalan 5 menit dari hostel. Mustafa Centre, tempat perbelanjaan berlantai 4 ini menyediakan berbagai macam barang, coklat, permen untuk oleh oleh dengan harga miring.

062941020141204-220823780x390

Mustafa Centre di Little India

Setelah puas belanja, gw mengantar kedua rekan gw ke airport yang akan pulang ke Jakarta hari itu juga, pulang dari airport gw melepas lelah sejenak ke Paulaner Brauhaus Cafe yang berada di Suntec City, cafe berlantai 2 ini juga menyediakan outdoor buat smoking area nya, juga disuguhkan live music dengan lagu lagu yang sedang populer. Harga nya lebih murah disini compare sama yang di Jakarta.

20150319_231516

Paulaner Brauhaus Singapore di Suntec City

Keesokan hari nya gw explore Orchard Road dan Siloso beach sendirian, di orchard banyak barang barang branded yang harga nya cukup menguras kantong.

Orchard-Road

Orchard Road

Karena keasyikan dengan suasana pantai di Siloso Beach, gw hampir lupa klo flight gw tinggal beberapa jam lagi, saat itu jam 12.30 siang flight gw jam 15.00. Gw pun bergegas naik MRT, sempat nyasar ke jalur lain karena buru buru dan gak konsen, sampe Changi jam 14.30, nyaris ketinggalan pesawat. Untung petugas imigrasi nya gak ribet, gw bilang udah mau boarding pesawat gw, dia pun langsung nyuruh gw lari sekencang-kencang nya. Alhamdulillah masih kekejar pesawatnya, gak kebayang kalo ketinggalan pesawat bisa berabe urusannya.

20150320_122834

Siloso Beach di Sentosa Island

TIPS Berbelanja di Singapore:

1. Elektronik dan komputer. Waktu yang sangat tepat untuk berbelanja elektronik adalah pada saat PC Show, Computer Expo IT show, atau SITEX (Singapore IT Expo). Event tersebut diadakan sekali setahun dan pada bulan yang berbeda. IT show biasanya sekitar Maret, PC show diadakan di tengah tahun (Juni-Juli), COMEX di September, dan SITEX biasanya November. Harganya bisa setengah dari harga normal.
  2. Baju, tas, sepatu. Selain shopping mall di Orchard Road, Raffles City-City Link Mall-Marina Square-Suntec City (yang saling menyambung), Bugis Junction, dan VIVO City di Harbour front. Di Suntec Convention Centre sering kali ada branded item sale yang bisa mencapai 70% off. Cek jadwal sale ini di www.singaporeexpo.com
  3. Buku dan alat tulis. Sedikitnya 4 kali dalam setahun ada bazar buku di Singapore yang diadakan oelh perusahaan toko buku berlainan, biasanya World Book Fair diadakan pada saat liburan sekolah(Juni-Juli) bertempat di Suntec Convention.
  4. Souvenir dan Oleh-oleh. Ada beberapa tempat yang menjual souvenir khas Singapore yang bisa buat oleh-oleh, harganya murah meriah dan terjangkau, seperti Lucky Plaza di Orchard Road, Chinatown street, Bugis Street, Mustafa Centre di Little India, Tekka Centre. Barang barang unik dan menarik juga bisa didapat di IKEA.