Itinerary 7 Hari New Zealand

Hari Pertama :
Tiba di Auckland inap di Ibis Hotel, 1 km dari Aucland Aiport

Hari kedua :
Terbang dari Auckland ke Queenstown  main ke Lake Wakatipu, tak lupa antriiii di Ferg Burger, Burger yang Hits dan enaaaak banget di NZ

Hari ketiga :
niatnya mau Heliview, tapi karena mendung, pihak heli nelpon pending nunggu langit cerah di hari berikutnya
akhirnya kita ubah itin total, ngebut ke Milford

Milford Sound

2 hari nyetir hampir 600 km. Queenstown, Te Anau, Milford Sound.
Berkelok kelok muterin gunung/bukit bepasir, hutan, danau, gelap tanpa lampu dan kudu berkecepatan tinggi. Alhamdulillah selamet walo menegangkan dan nyali sering ciut n takut😂
Kemarin dari Queenstown jam 12 an ampe Milford Sound jam 18 an, sudah gelaaaap kaya jam 9 malam di Indonesia. Hari ini pulang dari Milford Sound jam 1 siang. Abis magrib masih di jalan, sebelah kiri danau, gelaaap. Serem. Bolak balik saya rewel nanya ke anak2 berapa km lagi sampai di Queenstown😂😂😂.
100 km nyetir dengan jalanan gelap tanpa lampu n berkelok2 itu rasanya luar biasa dan hiks.

Hari ke empat :
Balik ke Queesntown ampe ke Queenstown dah magrib

Hari ke lima :

Helivew di Cromwell, 1 jam nyetir dari Queenstown.
Lanjut ke Salmon Farm, Lake Wakatipu, Lake Teakapo dan menginap di Twizzel, suhu 1 derajat dan kita mengigiiiil kedinginan walo sudah ada heater. Sampe kita seret kasur hotel biar nempel ke heaternya 😂😂😂

Batal ke Mt Cook, waktu ga keuber.

Hari ke enam :
Dari Twizzel, New Zealand ke Queenstown, New Zealand,+/- 199 km jalanan yang kami lewatin kaya gini, di Lindis Pass, ada jalanan yang bersalju, kiri kanan, bukitnya juga bersalju, ada pula jalanan yang berfog, jarak pandang 5-10 meter.

Bisa dibayangkan, saya nyetir dengan keadaan itu, cuma bisa pasrah dan was2 ngeri, kami sama2 tercekat dan terdiam, cuma mikir kudu jalan terus jangan sampe berhenti. Perlu teman teman ketahui, bahwa kalo di Jakarta, nyetir Jakarta ke Bogor pun saya ga berani, apalagi Jakarta ke Puncak. Jakarta ke Bandung juga belom pernah😂. Kalo nyetir dalam tol, sering keringat dingin mengucur. Karena hari2 saya cuma nyetir rumah ke kantor yang cuma 17 km. Akhir2 inipun sudah jarang nyetir karena jalanan Jakarta lagi di aduk2 jadi muacet ga terkira. Mobil di rumah, dari Nopember 2016 sampe sekarang kilometernya baru 1.300 km saking jarangnya saya nyetir dan tiba2 di New Zealand, saya nyetir 1.200 km dalam waktu 4 hari dengan jalanan kadang bersalju, berkelok2 muterin lembah/gunung, tanpa lampu kalo kemalaman, kiri danau kanan gunung, duuh😂😂😂

Mungkin bagi teman2 yang jago nyetir itu ga masalah, tapi bagi saya, itu masalah banget😂 Alhamdulillah smua baik2 saja, lancar dan selamat pulang dan pergi😊😊

terbang ke Aucland

Hari ke tujuh :
Sholat Ied di Auckland, di Memorial Hall, bersama warga muslim Indonesia di Auckland pada berkumpul di sini. Daaaan di sini kita makan menu lebaran gretong. Yihaaa , rasa kangen akan redang, sambal goreng hati dll terobati .
Main2 di Auckland, ke water front, jalan2 di Queenstreet and malamnya terbang ke Jakarta.

Persiapan sebelum berangkat:

1. Pesawat
Kemarin saya dapat Air Asia Promo,
KL – Auckland pp 3,2,
Jakarta KL pp 1,8 jt .
Penerbangan KL – Auckland 9 jam, transit di Gold Coast 75 menit, lanjut Gold Coast Auckland 3 jam. Tidak perlu visa Australia.
Dari Auckland ke Queenstown saya pake Jet Star, pp kena 2,7 an.

2. VISA
sarat2 visa ke NZ biasa aja kaya visa2 negara lain, saya sih lengkap tiket pp, hotel, itin, tabungan, surat keterangan kantor, surat ket gaji, urus via vfs kuningan, biaya Rp2.040.000 untuk 1 keluarga, so kalo sepasang suami istri punya anak 5 jatuhnya murah banget , Makanya punya anak banyak gih
Kebetulan saya dapat yang multiple dan berlaku sampe febuari 2019. Waktu urusnya +/- sminggu jadi.

3. Uang
Mata uang New Zaland adalah Dollar NZ, rate skitar 9..690. Transaksi di NZ bisa bayar cash maupun pake Debit Mandiri.

4. Penginapan
Penginapan di New Zealand banyak dan dengan mudah bisa kita booking via Agoda maupun Booking.com Ada juga yang kudu book langsung di webnya misalnya Milforsound lodge hotel
Kemarin saya booking rata2 saat mau menginap, karena itinerary tiba2 berubah tergantung cuaca dan arah perjalananan kita. Jadi ada yang booking 20 menit sebelum sampai hotel. Kemarin saya pilih2 hotel yang ada dapurnya, lumayan murah 1,3 jt rata2, hotelnya udah nyaman dan enak. kalau beruntung bisa dapat hotel yang free wifi 5 GB semalamnya, kalau apes ya dapat hotel yang bapuk banget internetnya. Atau sama sekali ga dapat sinyal maupun wifi, contohnya di Milfordsound lodge. Sepertinya karena lokasi di tengah2 lembah/dikelilingi bukit jadi susah sinyal. Tapi saya suka banget ama Milfordsound Lodge ini, rekomen banget deh teman2 kalo mau inap di Lodge ini.

Oya sebaiknya hotel2 yang pernah kita book sebelumnya apabila kita batal menginap, baiknya kita cancel aja, kasian hotelnya kalo nungguin kita dan kita ga datang. Sapa tau kamar full dan ada orang lain butuh kan

Kalau yang backpackeran bisa inap di YHA Hostel, rata2 lokasinya strategis dan jadi starting point bus Intercity, bis yang beroperasi di NZ. Tapi cuma buat usia 17/18 th ke atas, so kalo bawa anak umur dibawah itu ga bisa.

5. Transportasi
Traportasi umum di NZ, jarang dan muahal ngetz. Ini yang paling meyedihkan buat saya. Transportasi yang paling masuk akal adalah dengan menyewa mobil, bisa mobil, campervan atau apapunlah, suka2 pemirsah aja
Kemarin saya sewa mobil, dapet swift, untuk 4 hari biaya sewa mobil, asuransi, wifi, snow chain, GPS, kena 284 dolar, bensin 4 hari skitar 1,8. 1 liter bensin skitar 20 rb ~ agak lupa pasnya berapa.
link untuk sewa mobil di sini https://www.jucy.co.nz/?gclid=COqu-PLm4tQCFdgTaAodTnsKCg

Oya saya pake SIM biasa, terus pakai translate resmi.
Entah sebenarnya aturannya gimana, translate diminta untuk dilihat ama pihak Jucy Rental pas sewa mobil, kalau pas dicegat/dikejar polisi sih, cuma nunjukin SIM biasa (Bau kali ini, dikejar mobil polisi ) Polisi ngejar saya gara2 saya terlalu lambat nyetirnya, dia ancam kalo ga bisa cepat di Highway, sim saya bakal dicabut dan pak polis bakal nelp jucy untuk mencabut ambil mobilnya.

Ketika di Auckland transportasinya pake uber dan skybus, skybus dari bandara ke hotel 18 dolar one way, kalo family 36 dolar one way ( lagi2 kalo yang anaknya banyak, hemat nih jadinya)
Saya menghindari naik taksi di NZ, karena baca2 dr tulisan teman2, taksi di NZ harganya muahal. Kalo Uber lumayan juga sih. Kayanya abis skitar 800 rb an sehari di Auckland.

7. Itinerary Tempat Wisata
Entah kenapa di Auckland/pulau utara saya ga minat ke mana2, saya cuma main ke waterfront, jalan2 n makan di queenstreet.

Fokus saya kemarin di pulau selatan saja, itin saya saat itu Queenstown, Heliview di Cromwell, main ke Milford Sound, balik lagi ke Queenstown menuju Peternakan ikan Salmon, Lake Pukaki dan Lake Tekapo, sayang seribu sayang ke Lake Pukaki sudah kesorean jadi ga terlihat indahnya air di situ. Sebenarnya pengin main ke Mt. Cook, tapi agak jiper karena pihak hotel ngabarin kalau jam 4 sore, sering turun salju, saya jiper masalah nyetirnya.

8. Makanan
Makanan di NZ muahal2, buat ukuran saya, Roti Tawar 50 rb, Aqua 1,5 liter 40 rb. Telor 60.000 isi 12. Jadi kadang nyesek kalo dah beli minum, terus lupa ketinggalan di mana gitu. Btw kemarin sih saya bawa beras, Indomie, bumbu2 jadi, Soto, Opor dll yang merk tertentu itu. Dan Declare di bandara, ga masalah .
Jadi kami tiap hari masak buat buka dan sahur, belanja telor, daging n ayam. Jajan2 sih tetep aja, Beli burger yang terkenal n uenak di Queenstown, Ferg Burger, yang antrinya rame dan lumayan panjang. Tapi puas karena rasanya endesss.