HANOI 4 Hari 3 malam, 3 juta saja

Oleh: Lisa Minami

Hanoi4

Hanoi

Sudah lama saya ga nulis disini. Kali ini saya ingin berbagi pengalaman perjalanan saya ke Hanoi, yang sudah sering baca tulisan saya sudah bisa mengira-ngira besaran biaya yg tertulis untuk apa saja. Buat yg baru pertama kali baca tulisan saya Dana 3 juta itu termasuk pesawat pp, hotel, transportasi dan masuk tempat wisata. Tidak termasuk jajan dan belanja pribadi. Transportasi di Hanoi yg saya coba adalah angkot dari bandara ke hotel, bis umum untuk keliling kota, ojek motor, L300 untuk ke halong bay dan Tam Coc , taxi ke bandara yg dpt discount 70% dr agen serta jalan kaki hehehe.

Hanoi 3

Tam coc

Kebetulan saya dapat tiket murah pp tiger ke hanoi. Sesampai di bandara saya beli peta kota hanoi plus rute bis 1 usd (seperti biasa jangan lupa bawa pecahan kecil baik usd maupun uang lokal negara tujuan ). Keluar bandara saya naik angkot menuju kota, seperti layaknya angkot ya tunggu penuh baru jalan, satu orang usd 4 dan turun di sekitar old quarter atau danau hoan kiem, kl mau sampe hotel nambah 1 usd. Saya pilih yg sampai hotel. Saya tinggal di guesthouse setara bintang 3, per malamnya kl dirupiahin 200rb an. Saya pilih hotel ini krn dekat kemana mana, pusat jajan dan terminal. Disekitar danau banyak sekali hotel dan di old quarter bejibun agen travel yg siap nganterin ke tujuan wisata domestik.

hanoi2

Untuk keliling kota saya menggunakan bus umum dari terminal yg ga jauh dari hotel, Rata2 taxi ke bandara usd 17, tp waktu itu saya cuma bayar 5 usd.

Paling enak pagi2 muterin danau dan lanjut dengan sarapan pho. Banyak warung setengah lesehan pinggir jalan yg menyajikan pho, biasanya mereka ada 2 pilihan daging, beef atau pork. Di old quarter selain agen travel jg banyak toko cederamata, restoran dan hostel. Tidak jauh ada terminal bus dan tempat pertunjukan water puppet show. Kalo ke hanoi jgn sampai ga nonton, awalnya saya ga tertarik tp begitu nonton buat saya luar biasa dan katanya pertunjukan ini sudah ada sejak ratusan tahun.

Hanoi

Hari kedua saya memilih ke halong bay, sebelum berangkat hati sudah menggebu pengen nginep semalam di kapal, untung niat itu saya urungkan krn menurut saya halong ga seindah di foto hhhhhh. Perjalanan ke halong menggunakan L300 sekali jalan 4 jam, agen menjemput di hotel. Saya bayar sekitar 250 ribu rupiah sdh termasuk transportasi pp, tiket boat, tiket gua dan makan siang di kapal. Karena pergi pulang sudah 8 jam sendiri, otomatis tripnya dari pagi sampai malam, seingat saya sampai hotel lg jam 9 malam. Begitu juga dengan ke Tam coc di hari ketiga. Apa beda halong dan tam coc. Halong itu laut yg dikelilingi bukit karang seperti di phuket, sedangkan tam coc sungai di pegunungan, kita menyusuri sungai menggunakan sampan dimana kiri kanan pemandangannya menyejukkan mata. Karena ambil 2 trip di agen yg sama, saya dapat diskon besar untuk taxi ke bandara untuk pulang dari hotel ke bandara. Rata2 taxi ke bandara usd 17, tp waktu itu saya cuma bayar 5 usd.

Halong Bay 2

Hari kedua saya memilih ke halong bay

Untuk keliling kota saya menggunakan bus umum dari terminal yg ga jauh dari hotel. Untuk harga2 di Hanoi termasuk cukup murah dari mulai makan dan cederamata, untuk cederamata bisa nawar kok. Oya hotel tempat saya menginap sudah termasuk breakfast, dan menunya untuk breakfast luar biasa, ga rugi dah hhhhh, breakfastnya ga di hotel tapi di cafe depan hotel. Cafe ini bekerja sama dengan beberapa hotel yang satu area, di area saya banyak hotel, sepanjang jalan kiri kanan dan depan, biasanya hotel juga merangkap travel agent. Saya lebih memilih agen di luar karena harga lebih murah untuk trip dan kualitas yg sama.

hanoi 5

Danau Hoan Kiem

Sekian dulu ceritanya, kalau ada yg mau tanya boleh, mudah2an saya bisa membantu.
Terima kasih sudah mau baca tulisan saya sampai titik hhhh mudah2an bisa menambah info bagi yg mau ke hanoi. Sampai ketemu di tulisan saya berikutnya ^_____^.

hanoi9

Tidak jauh ada terminal bus dan tempat pertunjukan water puppet show